Monday, June 4, 2012

Virus Komputer


Apakah Malware itu?

Malware – singkatan  dari malicious software – menunjukkan beberapa progam perusak atau yang tak dapat diterima lainya atau kode seperti virus, trojans, dan droppers. Tidak semua progam perusak atau kode adalah virus. Bagaimanapun virus adalah sebuah mayoritas dari semua malware yang diketahui sampai saat ini termasuk worms. Jenis mayor yang lainnya pada malware adalah trojans, droppers dan kits.

Hak dari banyak segi pada kode malicius atau sebuah progam malicius, untuk menghubungi sebagai malware penolong untuk menghindari kebingungan. Contohnya, virus juga mempunyai Trojan - seperti kemampuan dapat disebut malware.
Apakah Trojan itu?

Trojan adalah malware dengan bentuk tidak diinginkan atau tidak sah, seringkali mekalukan aksi yang merusak. Perbedaan utama diantara trojan dan virus adalah kemampuan untuk melakukan penggandaan. Trojans menyebabkan kerusakan, membuat sistem berjalan tidak normal dan dapat menyusup kedalam keamanan sistem tapi tidak melakukan penggandaan. Jika trojan melakukan penggandaan, maka akan dapat digolongkan sebagai virus. Trojan, diambil dari metodologi kuda trojan Mesir, biasanya masuk dengan kemasan yang bagus tapi memiliki beberapa kode perusak yang tersembunyi. Ketika Trojan menyerang akan maka akan terjadi masalah seperti masalah pengoperasian sistem dan kadang – kadang menyebabkan hilangnya data – data berharga.

Apakah Virus itu?
Virus komputer adalah sebuah progam – potongan dari kode yang dapat dieksekusi – dengan kecakapan yang khas untuk melakukan penggandaan. Seperti virus biologis, virus komputer penyebarannya sangat cepat dan sering kali sulit untuk dibasmi. Mereka dapat menempelkan diri mereka kepada beberapa jenis file dan penyebaran file – file yang telah ter-copy dan mengirimkannya dari suatu kelompok ke kelompok lainnya.

Sebagai tambahan dalam melakukan replikasi, beberapa komputer ber-virus melakukan share kebiasaan lainnya seperti: kerusakan rutin mengirimkan virus payload. Ketika payloads hanya menampilkan pesan atau gambar, mereka juga dapat merusakan file – file, mem-format hard drive ataumenyebabkan kerusakan lainnya. Jika virus tidak berisi suatu runik perusak, virus akan menyebabkan masalah dengan menghabiskan tempat di hard disk dan memori dan menurunkan secara keseluruhan performance komputer anda.

Beberapa tahun yang lalu penyebaran virus hanya melalui floppy disk, tapi internet memperkenalkan cara penyeberan virus baru. Dengan email saat ini yang menjadi alat komunikasi yang esensial., virus menyebar lebih cepat dibandingkan media apapun. Virus menempel pada pesan email bisa menulari seluruh dunia usaha dalam hitungan menit, menyebabkan perusahaan kehilangan produktifitas jutaan dolar setiap tahunnnya  dan meningkatnya biaya untuk pembersihan virus.

Virus pergi dan datang dengan cepat: Lebih dari 60,000 telah ter-identifikasi dan 400 virus baru datang setiap bulannnya, sesuai penyataan dari International Computer Security Association (ICSA). Dengan angka seperti ini, tidak salah kalau mengatakan bahwa sebagian besar organisasi akan selalu menghadapi berjangkit virus. Tidak satu pun pengguna komputer kebal terhadap virus.

Siklus kehidupan dari sebuah virus

Siklus kehidupan dari sebuah virus dimulai  ketika virus tersebut diciptakan dan berakhir saat terbasmi habis. Dibawah ini digambarkan bagan setiap tingkatan:

Ciptaannya

Sampai saat ini, penciptaan virus memerlukan pengetahuan penguasaan bahasa pemograman komputer. Sekarang setiap orang yang memiliki pengetahuan pemograman dasar dapat menciptakan virus. Khususnya, masing – masing programer nakal menginginkan penyebaran virus secara luas, dengan kerusakan komputer secara acak.
Replikasi

Virus  biasanya melakukan penggandaan dalam periode waktu yang lama sebelum mereka menjadi aktif, menyebabkan virus dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama  selama penyebarannya.

Aktivasi

Virus dengan rutin yang merusak akan aktif ketika menemukan kondisi yang cocok., contohnya, pada tanggal yang ditentukan atau ketika user yang terinfeksi melakukan aksi menjalankan script yang dibuat. Virus tanpa rutin yang merusak tidak bisa aktif, tapi malah menyebabkan kerusakan dengan menghabiskan freespace harddisk atau memori.

Penemuan

Tahap ini tidak selalu dapat mengikuti pergerakkan, tapi biasanya bisa. Ketika virus ditemukan dan di-isolasi, informasi ini  akan di sampaikan  ke ICSA di Washington, D.C., untuk menjadi dokumentasi dan di-distribusikan untuk pembuat software antivirus. Penemuan biasanya siaga paling sedikit satu tahun sebelum virus menjadi ancaman komunitas pengguna komputer.
 
Perpaduan


Pada point ini, pembuat software antivirus melakukan modifikasi software mereka agar bisa mendeteksi virus baru. Ini bisa diambil dari mana saja dari 1 hari sampai 6 bulan, tergantung pada  pembuat software tersebut dan jenis virus yang dihadapi.

Pembasmian

Jika user rajin menginstall update software  antivirus, banyak virus dapat dibersihkan. Sejauh ini tidak banyak virus – virus yang dapat dibasmi secara menyeluruh, tapi beberapa telah dapat menahan virus menjadi suatu ancaman yang besar.

Apakah yang dapat anda lakukan untuk melindungi serangan Malware?

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi serangan malware. Yang paling utama adalah menggunakan produk antivirus yang sangat bagus dan meng-update pattern antivirus tersebut.
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!