Sunday, September 30, 2012

Tips Memilih Web Hosting

Berikut apa - apa saja yang perlu anda pertimbangkan sebelum menyewa web hosting.
  1. Beberapa web hosting juga menjual domain, periksa apakah paket yang ditawarkan sudah terdapat sub domain atau multiple domain. Jika ada, tanyakan berapa subdomain atau multiple yang akan anda dapat.
  2. Carilah web hosting yang sesuai dengan target pasar anda. Jika pasar anda lebih banyak diluar negeri, maka anda disarankan menyewa web hosting yang berlokasi di luar negeri, ber-hosting diluar negeri akan lebih mudah diakses untuk semua benua atau negara juga hosting karena memiliki international bandwidth yang lebih mendukung.
  3. Carilah web hosting yang memiliki fitur yang sesuai dengan biaya yang anda keluarkan. Berikut fitur - fitur umum yang anda perlu tanyakan kepada penyedia jasa webhosting.
    1. Besaran bandwidth lokal (IIX) dan international. Tanyakan quota yang anda dapat, ini berpengaruh kepada kenyamanan pengunjung pada saat mengakses website anda.
    2. Apakah sudah termasuk dedicated IP atau share, jika anda bermaksud untuk menggunakan server sendiri, anda akan ditawarkan untuk menggunakan dedicated IP. Dedicated IP ini dirancang untuk website yang membutuhkan keamaanan lebih tingga dan kemudahan dalam pengontrolannya.
    3. Besaran space yang tersedia untuk isi website anda. Tanyakan juga biaya dan kelompok ukuran yang disediakan jika ingin upgrade.
    4. Besaran space untuk email dengan domain anda. Apakah anda akan mendapatkan akses ke webmail, sehingga anda dapat mengakses dari web atau smartphone anda. Tanyakan juga protokol yang didapat untuk mengakses email menggunakan email client, seperti POP3, SMTP, IMAP. Apakah ada fasilitas email forwarding yang berguna untuk email group (one to many) yang populer di environment POP3. Jika anda memanfaatkan website anda untuk mengirimkan database secara berkala menggunakan SMTP yang ada, tanyakan apakah terdapat batasan dalam pengiriman email baik secara realtime atau periodically dalam sehari.
    5. Besaran database dan jumlah database yang akan didapat. Jenis database apa saja yang di-support oleh web hosting tersebut, seperti PostgreSQL, MySQL atau SQL Server. Tanyakan tools apakah yang dapat digunakan dan familiar dengan anda seperti PHPMyAdmin atau yang built-in.
    6. Web server apa saja yang tersedia. Webserver biasanya ditawarkan sesuai dengan jenis platform server yang kita inginkan biasanya ada 2 kelompok server yaitu berbasis Windows dan Linux seperti IIS atau Apache.
    7. Tanyakan Web Programming apakah yang di-support, seperti PHP5, WML, CGI atau WAP.
    8. Tanyakan apakah tersedia fitur enkripsi SSL atau HTTPS.
    9. Akses ke control panel (cpanel), ada banyak jenis control panel yang tersedia saat ini seperti Plesk, cPanel, Webmin, OpenPanel.
    10. Akses ke FTP server. Untuk keperluan edit atau upload content.
    11. Tanyakan apakah tersedia URL Forwarding untuk keperluan redirect.
    12. Kemudahan dari after sales seperti kemudahan seperti kemudahan bantuan untuk pengajuan whitelist jika domain anda diblacklist.
    13. Web Statistik, sepert Webstat atau AWStat yang diperlukan untuk mengetahui perkembangan statistik dari pengunjung website anda.
  4. Carilah webhosting yang memiliki kemudahan dalam pembayaran renewal dan memiliki layanan pelanggan yang baik dan siap siaga kapanpun kita mau (siaga 24 jam).

Semoga bermanfaat.

Lihat juga 5 Saran Sebelum Membeli Domain
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!