Thursday, September 13, 2012

Teknologi 2-step Verification Punya Gmail

Google mempunyai fitur 2-step verification dimana Google mempersenjatai pengguna Gmail dari pembajakan akun yang bisa disebabkan oleh kesalahan manusia dan juga kelemahan sistem, seperti.
  1. Password yang sama untuk site yang berbeda, 
  2. Pemberian hak mengakses Gmail dari site lain seperti login  menggunakan Gmail account di website lainnya, seperti login ke Flicker dengan akun Gmail
  3. Men-download aplikasi yang sudah dimodifikasi oleh para peratas sehingga dapat meninggalkan trojan dan membuat backdoor dikomputer anda, atau
  4. Memakses link dari email yang tidak jelas pengirimnya.
Itu semua dapat menyebabkan kerugian yang tanpa kita sadari sampai akhirnya akun Google kita terkunci karena password telah berubah atau diblok oleh Google atau hilangnya pesan email atau daftar kontak dan foto atau menyebabkan kerugian materi dengan penggunaan akses ke informasi keuangan bahkan penggunaan akun kita untuk melakukan penipuan.

Bagaimana cara kerja 2-step verification ini? Selain diminta untuk mengisi user name dan password, kita juga akan diminta oleh Google untuk memasukkan kode notifikasi yang dikirim melalui SMS ke ponsel yang telah kita daftarkan sebelumnya nomornya di pendaftaran 2-step verification ini. Sistem ini bekerja layaknya keamanan ganda untuk login ke akun Google, Jika password yang dimasukkan sudah benar tapi salah memasukkan kode notifikasi yang ada di SMS tersebut maka kita akan ditolak untuk masuk ke Google.

Facebook pun menerapkan 2-step verification ini, namun Facebook menggunakan 2-step verification ini untuk keperluan password recovery. Kita diminta memasukkan 3 nomor telepon nama teman kita yang ada di Facebook dan kemudian Facebook akan mengirimkan kode notifikasi ketiga teman tersebut. Kita sebagai pemilik akan diminta untuk mengumpulkan kode yang sudah dikirimkan ke nomor handphone teman kita untuk dimasukkan pada tahap recovery password Facebook.

Jika anda sudah mengaktifkan 2-step verifivation ini dan jika ada perubahan nomor handphone, maka janganlupa untuk melakukan update nomor yang baru di Google agar 2-step notification dikirim ke nomor yang valid dan benar.
Pin It!

1 comment:

  1. Info terbaru, Google menawarkan backup access code dan backup mobile number jika sewaktu - waktu terjadi kesulitan dalam pengiriman 2 step verification ke nomor handphone yang terdaftar. Misalnya jika sedang ada diluar negeri atau gangguan jaringan dari operator.

    ReplyDelete

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!