Thursday, January 31, 2013

Bagaimana Cara Memiliki Akses Internet di Rumah

Bagaimana cara mendapatkan akses internet di rumah? Ada banyak cara untuk menyediakan akses internet di rumah. Perangkat yang diperlukan untuk mengakses internet dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh anggota keluarga yang di rumah. Jika dirumah cuma ada laptop saja dan tidak banyak anggota keluarga yang menggunakan internet di rumah, tidak perlu rasanya untuk menyediakan akses internet yang bisa digunakan bersama - sama. Berikut beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses internet di rumah saat ini.


USB Modem

Penggunaan USB modem, sangat cocok bagi pengguna perorangan. Alat ini bisa digunakan untuk mengakses internet dari laptop maupun PC desktop. Caranya juga cukup mudah, cukup menambahkan SIM Card ke dalam USB modem, meng-install software dari USB modem sebagai antar muka (interface) yang menghubungkan tampilan di komputer dengan modem kemudian mengatur profile management dengan memasukkan informasi GPRS setting dari masing - masing SIM card. Setting GPRS bisa dilihat disini. Beberapa USB modem yang sudah bundel dengan operator atau penyedia jasa internet, sebagian besar tidak perlu lagi melakukan setting profile management, konfigurasi profile management sudah diatur pada saat peng-install-an secara otomatis. Contohnya Telkomsel Flash, AHA dari Esia, Flexi, 3, Axis, XL, Indosat M2 dan Smartfren.





Namun USB Modem saat ini juga sudah dilengkapi dengan wireless yang dikenal dengan USB Modem Wifi, sehingga internet dari USB modem yang tersambung pada salah satu komputer dapat digunakan secara bersamaan dari bermacam - macam perangkat seperti tablet, smartphone yang memiliki fitur wifi (wireless), laptop atau PC desktop yang dilengkapi dengan wireless LAN card.

Ada juga perangkat tambahan seperti wi-fi router yang dapat dipasangkan USB Modem dan juga memiliki output LAN sehingga dapat disambungkan dengan kabel data (kabel UTP dengan konektor RJ-45) selain kemampuan menyebarkan sinyal internet melalui wireless. Seperti TP-Link TL-MR3220 atau yang lebih praktis seperti Huawei E355.

TP-Link TL-MR3220

Huawei E355 USB Modem WiFi


Internet Broadband

Internet broadband yang biasa digunakan untuk perumahan umumnya tidak memerlukan fixed bandwidth atau leased line atau dedicated line, bandwidth digunakan secara bersama - sama (sharing) dengan user yang lainnya, sehingga besaran bandwidth yang didapat tidak selalu seperti bandwidth yang ditawarkan oleh penyedia jasa internet.

Internet broadband terdiri dari 2 media yaitu radio link atau kabel, seperti kabel fiber optic atau kabel telepon. Untuk daerah - daerah yang belum terjangkau telepon rumah, tetap bisa mengakses internet menggunakan media radio link atau VSAT/Satellite (sudah jarang digunakan saat ini karena tidak cocok untuk perumahan dan investasinya relatif mahal. Ciri khasnya, internet yang menggunakan media radio link atau VSAT memerlukan antenna dan tower.

Sebagai inverter dari sinyal analog (untuk media telepon) atau digital (untuk media fiber optic) atau frekuensi radio ke data dibutuhkan dibutuhkan modem. Jenis modem yang banyak ditawarkan oleh penyedia jasa internet adalah modem sekaligus wifi router. Sehingga dengan perangkat modem tersebut dapat mendistribusikan internet menggunakan kabel data atau wifi.

Internet broadband yang menjadi satu dengan telepon rumah, juga memberikan pilihan kemudahan kepada calon pengguna dengan menawarkan internet akses tapi tanpa perlu menggunakan telepon rumah lagi. Nomor telepon rumah hanya dapat digunakan untuk panggilan masuk dan dengan abodemen yang lebih murah ketimbang abodemen telepon rumah yang dapat digunakan 2 arah (melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan telepon).

Internet broadband yang umum di Indonesia yang menggunakan media kabel seperti Telkomspeedy (membutuhkan sambungan telepon), Fastnet dari FirstMedia, Indosat M2, CBN dan masih banyak lagi.

Internet broadband yang umum di Indonesia dengan media radiolink, wireless atau VSAT seperti NetZapSitra (4G Wimax), Maxindo dan masih banyak lagi.


Paket Internet TV Cable

Solusi lain untuk pengguna perumahan dan banyak diminati saat ini adalah menggunakan internet yang sudah dipaket menjadi satu dengan saluran televisi kabel. Solusi ini sangat cocok untuk area yang tidak terjangkau oleh saluran telepon atau jaringan 3G, selain menawarkan kecepatan internet yang tinggi juga dapat menghadirkan hiburan televisi yang lebih global.

Contoh provider internet TV Cable seperti Max3 dari Biznet, Groovia TV/Telkom Vision dari Telkom (butuh sambungan telepon), Firstmedia (dulu Kabelvision) dan Smart media.

Semoga bermanfaat.
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!