Saturday, November 3, 2012

Alasan Kenapa Perlu Menyediakan Free WiFi

Persaingan bisnis saat ini sangat ketat, para pelaku bisnis melakukan 1001 strategi agar dapat merebut perhatian pasar mulai dari

  1. Kualitas. Kualitas menjadi prioritas utama bagi para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Kualitas adalah jaminan bagi konsumen akan adanya nilai yang baik, positif dan menguntungkan. Seperti kebersihan makanan di suatu restoran. Restoran yang terkenal memiliki prosedur akan kebersihan bahan makanan, kebersihan dalam pengelolaan makanan, kualitas kandungan gizi yang terdapat dalam setiap sajian dan juga cara penyajian yang menarik, tentu akan mendapat respon yang baik daripada restoran yang kumuh tapi murah. Karena saat ini siapapun sudah mengerti akan pentingnya arti dari suatu kesehatan.
  2. Harga. Yang menduduki peringkat kedua adalah harga, dengan kualitas yang baik namun harga sama atau tidak jauh berbeda dengan harga yang ada dipasar tentu menjadi pilihan terbaik bagi konsumen. Harga menentukan segalanya, malah sampai saat ini ada sebagian kelompok yang memiliki keyakinan harga tidak pernah bohong.
  3. Pelayanan. Yang tidak kalah pentingnya bagi konsumen untuk repeat order adalah pelayanan. Pelayanan yang prima dan baik akan menjadikan konsumen loyal dan tidak ingin atau terpikir untuk berpindah ke lain hati. Efek domino yang timbulkan dari suatu pelayanan yang baik atau buruk sangat mempengaruhi pasar. Sebuah perusahaan armada taksi yang memiliki kualitas bagus, harga yang kompetitif dengan tarif bawah tapi pelayanannya tidak jauh seperti pelayanan ala bemo, maka akan banyak menimbulkan dampak yang buruk bagi armada taksi tersebut.
  4. Nilai Tambah. Yang terakhir yang tidak kalah penting, yang sering dijadikan senjata pamungkas bagi pelaku pasar adalah value added. Jika kualitas, harga dan pelayanan sudah tampak sama dan linear maka harus ada sesuatu layanan atau manfaat tambahan diluar dari bisnis utama yang dijalankan. Misalnya jika kualitas, harga dan pelayanan taksi di suatu kota sudah hampir sepadan, maka konsumen akan melihatnya sebagai suatu yang sama saja, tinggal pelaku bisnis mana yang memiliki volume lebih besar dan luas saja yang akan memiliki peluang yang lebih besar. Tentu untuk seperti ini membutuhkan effort yang tidak sedikit. Ada cara yang effort-nya lebih kecil dan mudah yaitu dengan memberikan layanan tambahan yang tidak ditemukan ditempat yang lain (diversifikasi), seperti dalam bisnis angkutan umum taksi, mungkin pengusaha akan menyediakan layanan TV gratis atau karaoke didalam taksinya.
Nilai tambah adalah menjadi suatu alasan beberapa negara besar atau perusahaan - perusahaan yang langsung berhubungan dengan konsumen untuk menyediakan akses WiFi secara gratis. WiFi menjadi suatu added value yang mudah, murah, digemari dan sesuai dengan kondisi perkembangan teknologi saat ini, dimana dengan semaraknya pertumbuhan smartphone, gadget dan konsep cloud computing. Dengan layaran WiFi gratis, konsumen akan terbantu sedikitnya dengan memanfaatkan waktu mereka yang terbuang untuk tetap bisa terhubung dengan pekerjaannya atau koleganya dimanapun mereka berada.

Lihat juga: Apa saja yang dipertimbangkan sebelum menyediakan layaran WiFi gratis.
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!