Sunday, November 4, 2012

Pertimbangkan Dalam Menyediakan WiFi Gratis

Sebagai nilai tambah bagi suatu bisnis baik itu yang sifatnya komersil atau tidak, menyediakan WiFi di kantor, tempat usaha perlu juga mempertimbangkan faktor - faktor kenyamanan dan keamanan seperti:
  1. Pengaturan Bandwidth.
  2. Pengaturan Concurrent Connection.
  3. Pengaturan Keamanan.

Pengaturan Bandwidth

Free hotspot atau Free WiFi itu seharusnya didesain sebagian besar untuk keperluan browsing saja. Saat ini penikmat free WiFi sebagian besar mengakses internet dari smartphone, tablet atau laptop-nya. Oleh karena itu beberapa internet port selain akses ke web seperti HTTP (80 dan 8080), HTTPS (443) atau IMAP (143) sebaiknya ditutup seperti port untuk POP3 (110), SMTP (25), Telnet (23), SSL (995), TLS (587), FTP (20 dan 21) dan SSH (22). Pembatasan port ini selain untuk menjaga bandwidth juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan faktor keamanan.

Pengaturan Jumlah Koneksi Secara Bersamaan (Concurent Connection)

Jika bandwidth yang disediakan tidak besar dan untuk menghindari ketidaknyamanan pengguna free WiFi sebaiknya dibatasi banyaknya device yang bisa mengakses WiFi dalam waktu yang bersamaan dan DHCP timeout diset terbatas misalnya 4 jam (14400 detik), agar pengakses WiFi tidak kehabisan IP Address setelah jumlah IP yang disediakan sudah dibatasi.

Pengaturan Keamanan

Aturan dasar yang perlu diperhatikan oleh penyedia free WiFi adalah membedakan subnet antara free WiFi yang dapat diakses oleh publik dengan jaringan kantor, jika tidak dibuatkan aturan - aturan seperti VPN atau firewall agar orang yang tidak berkepentingan yang mendapatkan akses dari free WiFi tidak dapat langsung mengakses ke komputer yang ada dikantor. Selain membedakan subnet, administrator juga perlu mengganti password secara berkala dan mengatur jam aktif dan non aktif dari access point jika WiFi tidak digunakan 24 jam. Gunakan security type dan encryption level yang paling kompatibel dengan semua device yang umum sering digunakan saat itu. Pasang password atau batasi akses ke web console dari access point dengan memberikan password untuk mengakses web console tersebut atau mengatur agar hanya IP address tertentu yang memiliki hak akes ke web console.
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for technetsolutions. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!